Pengaruh " Orang Dalam " Bagi Para Job Seeker

Sering sekali saya melihat dan bahkan merasakan pengaruh "orang dalam " dalam merekrut  calon karyawan perusahaan. Apakah anda tau definisi orang dalam yang saya maksud ?

Orang dalam dapat di definisikan dengan orang yang ada di dalam suatu lingkungan ( pekerjaan, perusahaan, organisasi dan sebagainya).

Anda pasti pernah merasakan dimana pikiran sering muncul dari dalam benak anda "kok bisa ya si B lulus psikotes padahal saya yang mengajarinya kok malah saya yang ngak lulus ujiannya". Waktu demi waktu terungkap bahwa si B memiliki teman atau keluarga yang bekerja di perusahaan tersebut.

Terkadang, berpuluh-puluh  lamaran kerja yang anda apply, tak jarang anda selalu mendapatkan suatu penolakan dari perusahaan yang anda inginkan. Pengalaman pribadi saya ketika menjadi job seeker tergolong sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Apalagi di jaman yang semakin modern dan penuh dengan persaingan membuat fikiran ini menjadi pesimis. Berkat usaha dan selalu berdoa kepada Yang Pemberi Rezeki akhirnya saya mendapatkan pekerjaan. Walaupun bukan perusaaan yang diinginkan, tapi saya amat bersyukur atas pekerjaan yang telah diberikan.

Jika anda membandingkan jaman dahulu dengan sekarang pasti sangatlah berbeda. Di jaman sekarang semua penduduk di Indonesia ini dari yang tingkat perekonomiannya rendah hingga tinggi semua dapat merasakan bangku kuliah. Berapa banyak calon-calon kandidat yang expert dari anda menjadi pesaing terberat dalam memperebutkan suatu pekerjaan. Jika dikaji sisi positif Indonesia telah benar-benar menjalankan silanya yang ke 5, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Nah dari sisi negatifnya adalah persaingan yang semakin dan semakin banyak.

Benar adanya bahwa soal mencari pekerjaan berbarengan dengan faktor rezeki dan banyak-banyak berdoa. Jika anda pandai melihat peluang kerja, pastinya anda akan tau apa yang di butuhkan perusahaan dalam mencari kandidat pekerja yang diinginkan. Tidak hanya itu kita harus tau apa yang bisa anda berikan untuk perusahaan tersebut. Mulailah dengan mengasah skill yang anda kuasai dan perbaiki CV semenarik mungkin. faktor link juga sangat menentukan.

Nah faktor link yang saya maksud adalah kenalilah "orang dalam". Tidak dapat dipungkiri "orang dalam" berperan dalam menentukan kandidat yang mereka pilih untuk di rekrut di perusahaan mereka terutama yang mereka kenal. Itu yang saya maksud faktor link juga sangat menentukan anda dalam mencari pekerjaan. Syukur-syukur anda kenal dengan seorang HRD salah perusahaan yang anda inginkan. Banyak-banyaklah bersosialisi dengan masyarakat khususnya orang-orang yang telah berpengalaman dalam bekerja. Dari situ anda dapat sebuah informasi penting bagaimana caranya masuk ke perusahaan-perusahaan seperti mereka.

Orang dalam selalu di pandang buruk bagi job sekeer karena memiliki sisi negatif seperti oknum yang menjadikan calon kandidat perusahaan dengan memanfaatkannya untuk memberikan meraka uang dangan ( sogokan ) agar calon kandidat perusahaan masuk dengan mudah bahkan tanpa menjalani serangkaian tes apapun. Bahkan ada orang yang bekerja karna orang dalam jadi tidak sulit bagi dia untuk masuk ke perusahaan yang anda ingikan atau mungkin langsung dapat menduduki jabatan tertentu.

Sedangkan yang paling kesalnya lagi dengan kehadiran orang dalam, sangat sulit berjuang dengan sederetan test yang diadakan jika pada akhirnya yang lolos tetaplah kandidat yang mengandalkan adanya orang dalam. Dalam hal ini, anda dapat menilai sisi negatif dan positif adanya orang dalam di suatu perusahaan. Seperti yang saya katakan jika anda memiliki banyak link anda dapat mudah dalam mencari pekerjaan.

Tentunya anda juga akan di hadapkan dengan serangkaian tes-tes kelayakan apakah layak untuk masuk di perusahaan yang anda pilih. Mereka akan dengan senang hati memberitahukan kepada anda trik-trik bagaimana agar anda dapat lulus di perusahaan mereka. Setidaknya jika anda kenal dengan " orang dalam " di perusaahaan tersebut, nama Anda sudah mereka rekomendasikan untuk jadi prioritas kandidat utama di perusahaan mereka. Untungnya memiliki orang dalam diantaranya anda dapat mengetahui lowongan mana yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

Dari pandangan saya ketika menjadi job seeker saya berkesimpulan bahwa memiliki skill umum saja tidak akan menjamin perusahaan dapat merekrut anda dengan mudahnya. Tentunya harus dibekali skill yang tidak dimiliki kebanyakan orang serta etika yang baik dalam bersosialisai. Lebih beruntungnya lagi memiliki orang dalam di perusahaan yang anda dambakan. Karena pengaruh " orang " dalam bagi job seeker 60-70% sangat membantu untuk mendapatkan suatu pekerjaan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengaruh " Orang Dalam " Bagi Para Job Seeker"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia