Cara Mengganti Bahasa Default Menjadi Versi Bahasa Indonesia di Microsoft Office 2016


Sering  kita mendengar keluhan orang-orang pada saat ingin mengganti Microsoft Office versi lama di komputer dengan versi terbaru merasa kesulitan dalam mengoperasikannya.
Salah satu kendala yang sering membuat bingung adalah kesulitan dalam memahami maksud dari tulisan yang disediakan di setiap menu - menu di Microsoft Office 2016. Ditambah lagi dengan desain yang berbeda dengan versi yang sebelumnya, membuat kita berfikir ulang apakah lebih baik untuk tidak menggunakannya.

Nah, bagi Anda yang belum memahami seluk beluk aplikasi terbaru Microsoft 2016 dan ingin sekali menggunakan versi terbaru ini tidak perlu khawatir. Di tutorial saya kali ini akan memberikan cara untuk mengganti bahasa default berubah menjadi bahasa tercinta kita yaitu Bahasa Indonesia. Oke yang menjadi syarat kali ini, Komputer atau Laptop Anda harus Terkoneksi Dengan Internet. Langsung saja pertama - tama Anda buka Aplikasi Microsoft Office 2016 Anda untuk mendownload paket bahasanya dan ikuti langkah - langkah yang saya berikan ya.

Kali ini saya menggunakan Microsoft Exel 2016 untuk mendownload paket bahasa Indonesianya.

1. Buka Microsoft Exel 2016

2. Cari Menu Options 

Setelah mengklik menu Options, Anda akan menemukan menu language untuk merubah bahasa default ke versi bahasa Indonesia. Di menu laguageAnda akan menemukan opsi Add additional languange. Pilih opsi yang berbahasa Indonesian. Kemudian klik Add.

Selanjutnya, Anda akan menemukan lenguage versi Indonesia statusnya masih Not installed dan belum aktif bisa anda lihat tanda link text berwarna biru. Ini menandakan Anda harus mendownload dulu paket versi bahasa Indonesianya. Langkah selanjutnya
  • Klik Not installed
  • Masuk ke paket Aksesoris Bahasannya (Menggunakan Koneksi Internet)
  • Scroll ke bawah klik Paket Bahasanya
  • Unduh (x86) 32 bit (x64) 64 bit sesuaikan dengan spesifikasi komputer Anda
Secara otomatis Anda akan langsung terhubung ke situs online paket bahasa dari Microsoft. Ketika sudah muncul situsnya, Anda scrol ke bawah dan Anda akan melihat langkah-langkah cara menginstal paket aksesoris bahasa beserta link untuk mendownloadnya.

Setelah berhasil di download, buka aplikasi paket bahasa yang baru selesai di download tadi dan diperintahkan bagi Anda untuk menutup Microsoft Exelnya dulu. Pada tahap ini, harap bersabar karena proses instal paket tersebut memerlukan koneksi internet. Jika koneksi internet Anda lambat, maka prosesnya akan memakan waktu cukup lama jika koneksi internet Anda cepat, proses instalnya tidak akan memakan waktu yang lama.

Setelah proses instal selesai selanjutnya buka kembali Microsoft Office Exel Anda.
  • Open Microsoft Exel 2016
  • Cari menu Options
  • Pilih Languages
  • Klik Add additional editing languages
  • Cari Opsi bahasa Indonesia
Untuk mengetahui bahwa status bahasa Indonesianya sudah terinstal, dapat Anda lihat status Profing (Spelling, Grammar..) yang tadinya Not Installed sekarang menjadi Installed. Untuk mengaktifkannya agar bisa ke versi Indonesia langkah - langkahnya adalah sebagai berikut.
  • Klik Not enebled
  • Klik Add
  • Pilih input languages Indonesian (Indonesia)
  • Klik Keyboard
  • Centang US
  • Klik Ok
Untuk lebih jelasnya dapat Anda lihat gambar di bawah ini -




Selanjutnya ganti English (United States) - US menjadi  Indonesian (Indonesia) - US.  Setelah itu maka status keyboard Microsoft Office Anda akan aktif. Pada tahap terakhir, Pilih Display and Help Languages set as default menjadi bahasa Indonesia dan setelah itu klik OK.

Apakah bahasa di Microsoft Office Anda sudah berubah?


Jika belum, Anda harus menutup aplikasi Microsoft Office 2016 Anda terlebih dahulu kemudian buka kembali. Selamat bahasa Microsoft Office 2016 Anda telah berubah ke versi bahasa IndonesiaSekarang Anda tidak perlu repot lagi dalam mencari menu - menu yang akan anda gunakan karena semuanya sudah berbahasa Indonesia.

Bagi yang belum berhasil bisa tanyakan langsung ke saya melalui kolom komentar. Sekian tutorial singkat dari saya, mudah-mudahan dengan tutorial yang saya buat ini dapat memberikan manfaat bagi Anda semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Cara Mengganti Bahasa Default Menjadi Versi Bahasa Indonesia di Microsoft Office 2016 "

  1. Replies
    1. sy jg gak bisa gan,
      pas klik mau install paket bahasanya ada bacaan
      "Ups! Versi yang kompatibel dari Microsoft Office diperlukan sebelum Anda dapat menginstall alat pemeriksa bahasa tambahan"
      padahal pake office 2016 yg terbaru ini.

      Delete
  2. sy jg gak bisa gan,
    pas klik mau install paket bahasanya ada bacaan
    "Ups! Versi yang kompatibel dari Microsoft Office diperlukan sebelum Anda dapat menginstall alat pemeriksa bahasa tambahan"
    padahal pake office 2016 yg terbaru ini.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia